Printed From:

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi sembelit?1
Makan makanan berserat

Pastikan Anda cukup mengkonsumsi serat di makanan Anda. Sebagian besar orang yang sembelit disebabkan tidak makan cukup serat. Kebutuhan serat orang dewasa per hari adalah sekitar 18 gram. Asupan serat bisa didapatkan dari jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

Kurangi minuman dengan kandungan kafein dan alkohol

Pastikan Anda juga minum cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi terutama ketika beraktivitas atau ketika cuaca panas. Disarankan Anda mengkonsumsi 2 liter per hari atau antara 8 – 10 gelas air. Cobalah untuk membatasi konsumsi kafein, alkohol dan soda.

Melatih kebiasaan buang air besar dan jangan menunda BAB

Jangan tunda keinginan untuk BAB karena dapat meningkatkan resiko sembelit. Waktu terbaik untuk BAB adalah di pagi hari, atau sekitar 30 menit setelah makan.

Tetap aktif

Tetap aktif bergerak akan menurunkan resiko sembelit. Idealnya, lakukan 150 menit aktivitas fisik setiap minggunya. Aktivitas fisik tidak hanya mencegah Anda dari sembelit tetapi juga meningkatkan kebugaran dan mood, dan level energi Anda.

Referensi:

  1. NHS UK Guideline. Laxative Treatment Guideline for Adults. 2017.