Printed From:

40% orang Indonesia mengalami susah BAB atau sembelit dalam tiga bulan terakhir. Susah buang air besar dapat dialami oleh siapa saja. Tentunya hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari dan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Masalah susah buang air besar ini sangat erat hubungannya dengan saluran pencernaan pada manusia.

Apa itu saluran pencernaan?

Saluran pencernaan adalah bagian dari organ pencernaan manusia yang terdiri dari enam bagian yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Keenam organ tersebut adalah satu kesatuan yang disebut dengan sistem pencernaan.[2]

Sistem pencernaan pada manusia berperan dalam memasukan makanan, mencerna makanan untuk menghasilkan energi dan mendapatkan nutrisi serta mengeluarkan sisa pencernaan. Sistem pencernaan ini memiliki peran yang besar dalam memasok nutrisi dan energi bagi tubuh. [2, 3] Berikut adalah beberapa fungsi dari sistem pencernaan:[2]

  • Untuk memproses makanan yang dimasukkan ke mulut
  • Menghancurkan makanan hingga menjadi bubur
  • Memecah makanan secara mekanik dan kimiawi
  • Menyerap sari-sari makanan
  • Membuang sisa-sisa makanan

Referensi :

  1. U&A Dulcolax 2018.
  2. Chapter 24. Digestive System. In: Seeley R, Stephens T, Tate P. Anatomy and Physiology, 6th ed. New York: McGraw-Hill Companies, 2004.
  3. Barret KE, et al (eds). Ganong’s Review of Medical Physiology, 23th ed. New York McGraw-Hill Companies, 2014. P429-50, 459, 477.