Printed From:

Tidak Bisa Buang Air Besar Seminggu, Masih Wajarkah?

Buang air besar (BAB) yang teratur dan lancar bebas hambatan adalah dambaan setiap orang. Namun sayang, tidak sedikit juga orang yang mengeluh tidak bisa buang air besar selama seminggu. Apakah itu wajar, dan jika tidak, apa dampaknya? Bagaimana caranya agar BAB bisa lancar? Temukan jawabannya berikut ini.

Berapa kali normalnya orang sehat buang air besar?

Pola BAB yang normal umumnya adalah 3 kali dalam seminggu, meski ada juga yang setiap hari. Melansir situs Healthline, frekuensi buang air besar yang normal dapat berkisar antara tiga kali sehari hingga tiga kali dalam seminggu.[1]

Pernyataan ini kemudian dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2010 terbitan jurnal Scandinavian Journal of Gastroenterology yang mengamati 268 orang berusia 18-70 tahun tentang rutinitas BAB mereka selama ini.

Peneliti sebelumnya sudah memastikan bahwa seluruh partisipan ini dalam kondisi yang sehat; tidak memiliki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/IBS) dan tidak sedang minum obat apa pun. Kemudian peneliti meminta setiap partisipan mencatat jadwal BAB masing-masing selama seminggu

Hasilnya, 98% orang dari total peserta terlihat rutin buang air besar antara 3 kali per minggu hingga 3 kali dalam sehari. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa frekuensi BAB tersebut adalah frekuensi BAB normal.[2]

Terlepas dari seberapa sering idealnya harus BAB, pola buang air besar yang normal dan sehat juga seharusnya tidak berubah. 

Sebagai contoh, jika Anda selama ini terbiasa BAB teratur setiap pagi atau setiap siang dua hari sekali, ini dapat dikategorikan normal. Begitu pula dengan orang yang teratur BAB setiap 2 sampai 3 hari sekali.

Jika pola frekuensi dan waktu BAB Anda selama ini selalu sama, sejatinya Anda masih bisa dikatakan normal dan sehat. Namun jika tiba-tiba rutinitas Anda berubah semakin jarang, ini dapat menandakan ada yang salah dengan pencernaan Anda.

Tidak bisa buang air besar selama seminggu dapat dikategorikan sebagai sembelit atau konstipasi.

Apa akibatnya bila tidak bisa buang air besar selama seminggu?  

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja, tapi bisa berisiko pada kesehatan jika dibiarkan terus.

Berikut adalah hal yang bisa terjadi apabila Anda tidak bisa buang air besar selama seminggu.

1. BAB terasa keras dan sakit

Tidak bisa buang air besar selama seminggu artinya feses akan terus mengendap di dalam perut hingga akhirnya mengeras dan mengering. Ini terjadi akibat usus besar yang menyerap terlalu banyak air dari sisa makanan tersebut.

Normalnya, usus besar akan menyerap air dari dalam tubuh untuk membentuk feses kemudian berkontraksi untuk mendorong feses ke rektum. Setelah feses sampai di rektum, sebagian besar airnya sudah diserap sehingga tekstur feses jadi padat dan mudah dikeluarkan.

Nah jika Anda tidak bisa buang air besar selama seminggu. ini berarti kerja otot usus melambat sehingga feses juga ikut lama bergerak keluar. Semakin lama feses berada di dalam usus, semakin banyak airnya yang diserap tubuh. Alhasil feses Anda jadi kering dan sakit saat dikeluarkan.[3]

2. Timbul wasir

Wasir, atau juga disebut ambeien, bisa terjadi karena Anda tidak bisa buang air besar selama seminggu.

Sembelit membuat Anda mengejan (ngeden) terlalu lama dan keras untuk mengeluarkan feses. Jika hal  ini terjadi terus menerus, pembuluh darah vena di sekitar anus dan rektum akan membengkak. Pembengkakan pembuluh darah vena ini yang disebut wasir.

Wasir menjadi salah satu penyebab kenapa buang air besar Anda terasa sakit. Wasir juga dapat menyebabkan buang air besar berdarah.[4]

Cara cepat melancarkan BAB

Meski kelihatannya sepele, jangan biarkan Anda terus tidak bisa buang air besar selama seminggu atau bahkan lebih. Anda bisa melancarkan buang air besar dengan tiga cara cepat di bawah ini:

1. Minum obat pencahar

Jika Anda sudah tidak bisa buang air besar selama seminggu lebih, minum obat pencahar seperti Dulcolax yang mengandung obat bisacodyl bisa menjadi salah satu cara yang cepat untuk mengatasinya.

Bisacodyl adalah jenis obat pencahar yang berfungsi merangsang usus bergerak aktif untuk mengeluarkan feses menuju anus. Obat pencahar yang mengandung bisacodyl dapat langsung memperlancar BAB dalam 6-12 jam setelah diminum.[5]

Jangan lupa ikuti dosis dan cara pakai obat seperti yang tertera pada kemasan. Saat minum obat pencahar, pastikan Anda minum air mineral yang cukup agar buang air besar lancar.

2. Banyak minum air

Ketika Anda tidak bisa buang air besar selama seminggu lebih, cobalah untuk minum air putih lebih banyak dan sering. Setidaknya cukupi minum air sebanyak 8 gelas sehari.

Anda mungkin tidak menyadari selama ini ternyata kurang minum air. Padahal, ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan organ pencernaan kekurangan air sehingga akan menyerap air dari feses dan membuat Anda susah BAB.[6]

3. Minum yogurt

Yogurt adalah susu fermentasi yang mengandung probiotik. Yogurt probiotik dipercayai dapat mengatasi sembelit dan BAB yang kurang lancar.

Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat merangsang usus bergerak lebih lancar untuk mengeluarkan feses. Bakteri baik ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus secara alami.[7]

Maka, coba minum yogurt malam hari sebelum tidur agar buang air besar lebih lancar pada esok harinya.

Referensi :

  1. How many times you should poop a day? https://www.healthline.com/health/how-many-times-should-you-poop-a-day#frequency Diakses pada 11 September 2019.
  2. Walter, S. A., Kjellström, L., Nyhlin, H., Talley, N. J., & Agréus, L. (2010). Assessment of normal bowel habits in the general adult population: the Popcol study. Scandinavian Journal of Gastroenterology, 45(5), 556–566.
  3. Complication of constipation https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/constipation#complications-of-constipation Diakses pada 11 September 2019.
  4. Chronic constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/chronic-constipation-affects-body#1 Diakses pada 11 September 2019
  5. Bisacodyl https://www.nhs.uk/medicines/bisacodyl/ diakses pada 16 Desember 2019
  6. Water for manage contipastion https://www.webmd.com/digestive-disorders/water-a-fluid-way-to-manage-constipation diakses pada 16 Desember 2019
  7. Which foods are good for constipation https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382.php#treatment Diakses pada 16 Desember 2019
  8. Bowel habits and aging https://muschealth.org/medical-services/geriatrics-and-aging/healthy-aging/bowel-habits Diakses pada 11 September 2019.
  9. Constipation https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/constipation Diakses pada 11 September 2019.
  10. How often you should poop each day https://www.medicalnewstoday.com/articles/319879.php Diakses pada 11 September 2019.
 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet