Printed From:

Trik Jitu Mencegah dan Mengatasi Susah BAB Saat Traveling

Saat sedang bepergian, baik untuk keperluan pekerjaan atau liburan, sering kali Anda melakukan aktivitas di luar kebiasaan Anda. Aktivitas ini termasuk makan, minum, hingga buang air besar. Oleh karena itu, kondisi ini menyebabkan Anda susah BAB. Lalu, bagaimana mengatasi kondisi tersebut jika sedang bepergian jauh?

Kenapa sembelit kerap terjadi saat traveling?

Saat melakukan perjalanan jauh, Anda harus melakukan aktivitas dengan kondisi dan lingkungan yang sedikit berbeda dari biasa. Apalagi jika Anda bepergian untuk suatu keperluan penting dengan jadwal yang padat.

Hal ini terkadang memaksa Anda untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang telah ditentukan. Sehingga, Anda tidak bisa melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan sehari-hari dengan leluasa.

Misalnya saja, perubahan pola makan dan pemilihan jenis makanan. Ketika berwisata, mungkin Anda akan lebih sering mencoba makanan lokal di daerah tersebut. Belum tentu makan makanan tersebut membuat asupan serat Anda terpenuhi dengan baik.

Hal ini yang bisa memicu Anda sembelit saat traveling. Belum lagi jadwal makan Anda jadi berantakan, sehingga memengaruhi jadwal BAB.

Selain itu, saat bepergian Anda mungkin kurang mengonsumsi air karena terlalu sibuk atau terlalu asyik tidur dalam perjalanan. Padahal memenuhi kebutuhan cairan dapat membantu serat melancarkan pencernaan.

Apalagi, dalam perjalanan, Anda mungkin menghadapi situasi di mana tidak ada toilet umum, atau kondisi toilet yang tersedia kurang bersih. Sehingga, Anda tidak nyaman untuk buang air besar di toilet umum tersebut dan memilih untuk menahannya.

Kondisi-kondisi inilah yang menjadi penyebab utama susah BAB saat Anda melakukan perjalanan jauh. Tetapi, ada kok, trik jitu yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi sembelit saat sedang traveling.

Mencegah dan mengatasi susah BAB saat traveling

Susah BAB memang bukan kondisi yang menyenangkan, terlebih saat sedang bepergian jauh. Tetapi, kondisi ini bisa Anda cegah dengan beberapa trik jitu berikut ini.

1. Minum obat pencahar

Agar tidak mengganggu aktivitas, Anda bisa mengandalkan obat pencahar sebagai pertolongan pertama. Dulcolax bisa menjadi salah satu pilihan obat pencahar yang dapat dengan cepat mengatasi susah BAB serta sangat praktis untuk dibawa ke mana pun.

Dulcolax tablet dirancang dapat tahan terhadap cairan lambung dan usus halus. Selain itu, obat ini mengandung bisakodil, zat aktif yang dapat merangsang pergerakan di dalam usus besar sehingga BAB lebih mudah keluar.

Dengan mengonsumsi obat ini, Anda hanya perlu menunggu semalam atau 6-12 jam hingga obat ini bekerja dan membantu Anda mengeluarkan feses yang tertimbun di dalam pencernaan.

2. Cobalah untuk selalu tepat waktu

Tepat waktu di sini berarti makan, tidur, dan buang air besar tepat waktu sesuai jadwal Anda biasanya. Perubahan waktu makan dan waktu tidur akibat bepergian jauh mungkin berakibat pada kondisi pencernaan Anda.[1]

Jika Anda makan dan tidur tepat waktu, kemungkinan besar jadwal buang air besar tidak akan berubah.

3. Perbanyak makan serat

Saat bepergian apalagi dengan tujuan berlibur, Anda sering kali terlena dengan berbagai makanan enak yang jarang  ditemui. Oleh sebabnya Anda sering tidak mengontrol makan hingga makan yang berlebihan, hal ini menyebabkan perut Anda meregang, sehingga pergerakan usus terhambat.

Belum lagi makanan yang Anda makan rendah dengan serat. Akibatnya, Anda jadi susah BAB. Jadi, sebaiknya seimbangkan jajanan yang Anda makan dengan makanan sumber serat.  Atau, Anda bisa memilih jenis jajanan yang punya kandungan serat.

Hal ini akan membuat Anda tetap nyaman menikmati wisata kuliner tanpa harus merasakan sakit perut akibat sembelit.

4. Cobalah untuk selalu rileks selama perjalanan

Bepergian bisa menimbulkan rasa stres, bahkan saat berlibur sekalipun. Pasalnya, mungkin saja hal yang Anda hadapi di lapangan tidak sesuai dengan bayangan atau rencana Anda saat menyusun jadwal liburan. Banyak sekali hal yang tidak bisa Anda prediksikan seperti macet, pesawat delay, hingga cuaca buruk.

Kondisi-kondisi ini memang dapat memberikan dampak yang tidak menyenangkan sehingga Anda merasa stres selama perjalanan. Padahal, stres juga dapat menyebabkan sembelit atau susah BAB.

Untuk mencegahnya, Anda harus selalu siap sedia dengan membawa serta barang-barang yang dapat menemani Anda di saat-saat yang tidak terduga, seperti buku bacaan, games di dalam ponsel, hingga alat pemutar musik. Terhindar dari rasa stres berarti mengurangi kemungkinan Anda sembelit.

5. Jangan tunda buang air besar

Untuk menghindari kondisi susah BAB, segera pergi ke kamar mandi jika Anda sudah merasa ingin buang air besar.[2] Mengabaikan perut yang sudah terasa mulas justru akan membuat sembelit Anda semakin parah, hingga berujung diare. [3]

Pasalnya, rasa ingin buang air bisa saja menghilang seiring berjalannya waktu. Padahal, jika feses sudah mengeras, akan semakin susah dikeluarkan dan mengakibatkan kegiatan BAB disertai dengan rasa sakit.

Cobalah untuk memaklumi kondisi toilet umum yang tidak selalu nyaman seperti kamar mandi di rumah. Karena jika Anda menahan BAB hanya karena kamar mandi yang tidak memadai, Anda hanya akan menyusahkan diri Anda sendiri.

Referensi :

  1. Bolen, B. (2019). How Travelers Can Avoid Their Constipation Symptoms. Retrieved 5 September 2019, from https://www.verywellhealth.com/tips-for-avoiding-constipation-when-traveling-4062491
  2. 8 Tips to Keep You Regular While Traveling. (2015). Retrieved 5 September 2019, from https://health.clevelandclinic.org/8-tips-to-keep-you-regular-while-traveling/
  3. Cassata, C. (2019). 8 Easy Tips to Avoid a Grumpy Gut While Traveling. Retrieved 5 September 2019, from https://www.healthline.com/health-news/how-to-keep-your-gut-healthy-while-traveling#1.-Don’t-overeat
 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet