Printed From:

4 Tips Cepat Mengatasi Sembelit pada Anak

Saat anak mengalami susah buang air besar, mungkin Anda, sebagai orangtua, merasa panik. Apalagi jika hal tersebut membuat anak merasa kesakitan. Akan tetapi, saat anak merasa susah buang air besar atau sembelit, sebaiknya Anda jangan buru-buru panik karena sebenarnya ini umum terjadi. Terdapat beberapa tips tips cepat mengatasi sembelit pada anak. Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal penyebab dan gejala sembelit pada anak

Sebelum mempelajari cara mengatasi sembelit pada anak, Anda harus mengetahui gejala dan penyebab sembelit yang mungkin dialami anak.

Setiap anak memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Ada yang rutin melakukannya setiap hari dan ada pula yang baru bisa buang air besar setelah dua hari. Namun, anak yang lebih jarang buang air besar, bukan berarti sedang mengalami sembelit.

Beberapa tanda anak mengalami sembelit, antara lain:[2]

  • anak buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu
  • feses anak berbentuk keras, kering, dan susah dikeluarkan
  • anak merasa kesakitan saat buang air besar
  • anak merasa perutnya kembung
  • terdapat darah pada feses anak, meski tidak selalu
  • terdapat noda berwarna kecokelatan seperti sisa feses pada celana dalam anak

Umumnya, sembelit pada anak terjadi karena kurangnya asupan serat dan cairan. Padahal, serat dapat melancarkan pencernaan dan air membantu serat bekerja dengan baik di dalam tubuh.[1]

Sementara itu, menurut Mayo Clinic, sembelit juga bisa disebabkan karena anak sering kali tidak menghiraukan rasa ingin buang air besar. Mungkin karena sedang asyik bermain dengan teman atau tidak nyaman menggunakan toilet umum saat sedang bepergian, jadi sang buah hati menahan rasa ingin BAB.

Namun, Anda tidak perlu khawatir atau panik jika anak Anda memang susah buang air besar. Sembelit sangat normal terjadi pada anak dan ada cara yang cepat dan tepat untuk mengatasi kondisi ini.

Cara cepat mengatasi sembelit pada anak

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi sembelit pada anak, jika anak Anda mengalaminya.

1.  Memberikan obat pencahar yang tepat

Obat pencahar mungkin salah satu alternatif terbaik yang bisa digunakan oleh orangtua jika anak mengalami sembelit.[2] Apalagi, saat ini sudah ada obat pencahar yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Dulcolax sirup (Dulcolactol) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi sembelit pada anak.  Obat ini mengandung lactulose yang dapat membantu melunakkan feses sehingga BAB anak menjadi lancar.

Selain karena bentuknya yang berupa sirup sehingga mudah diminum oleh sang buah hati, obat ini juga bisa diberikan kepada anak-anak, bahkan yang berusia di bawah satu tahun.

2. Makan makanan berserat

Selain mengandalkan obat pencahar, orangtua juga diharapkan selalu dapat memberikan sang buah hati makanan yang kaya akan serat.[3] Usahakan untuk memberikan ia sayur di setiap menu makan besarnya.

Supaya sembelitnya cepat teratasi, Anda juga bisa mengganti camilannya dengan buah-buahan segar, misalnya saja pepaya. mangga, atau buah-buah lainnya. Tentu saja, Anda harus pintar-pintar berkreasi menu agar si kecil mau makan makanan sumber serat.

Perlu diingat juga bahwa Anda harus mengurangi memberikan makanan berlemak tinggi pada si kecil. Hal ini justru akan membuat ia semakin susah BAB.[4]

3. Cukupi kebutuhan air putih

Tak hanya serat, cara lain mengatasi sembelit pada anak adalah dengan memberikannya cairan yang cukup. Jumlah air yang cukup di dalam tubuh dapat membantu serat bekerja lebih baik, sehingga anak akan lebih mudah untuk buang air besar.

Kebutuhan anak untuk minum air biasanya berbeda-beda, tergantung pada berat badan dan usia anak. Tetapi, rata-rata anak di usia sekolah membutuhkan setidaknya 3-4 gelas air setiap hari.[3]

Jika anak Anda masih bayi dan mengalami sembelit saat proses menyapih, Anda bisa memasukkan jus apel atau pir ke dalam menu makanan anak.

4. Biasakan anak untuk BAB secara teratur

Sembelit juga bisa datang dari kebiasaan anak tidak menghiraukan rasa ingin buang air besar. Oleh karenanya, demi mengatasi sembelit pada anak, Anda harus membiasakan anak untuk pergi ke toilet setidaknya selama 10 menit 2 kali sehari hingga ia merasa ingin buang air besar.[1]  Hal ini bisa dilakukan setelah makan.

Namun, jangan memarahi anak jika setelah 10 menit anak masih tetap belum bisa buang air besar. Kalau perlu, berilah reward kecil-kecilan pada anak jika ia berhasil buang air besar sehingga anak menjadi lebih semangat saat melakukannya.

Referensi :

  1. Constipation in Children. Retrieved 5 September 2019, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/constipation-in-children 
  2. Constipation in children - Symptoms and causes. Retrieved 5 September 2019, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/symptoms-causes/syc-20354242
  3. What to Do If Your Child Is Constipated. Retrieved 5 September 2019, from https://www.webmd.com/children/child-constipated#1-3
  4. Constipation (for Parents) - KidsHealth. Retrieved 5 September 2019, from https://kidshealth.org/en/parents/constipation.html
 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet