Printed From:

Jarang Buang Air Besar, Apakah Ini Gejala Sembelit Kronis?

Jarang buang air besar bisa menjadi ciri-ciri Anda mengalami sembelit. Sembelit biasanya hanya bertahan selama beberapa hari. Namun, jika sudah lebih dari dua minggu atau bahkan berbulan-bulan susah buang air besar, ini bisa dikategorikan sebagai sembelit kronis. Apa, sih, yang dimaksud dengan sembelit kronis? Bagaimana cara mengatasinya?

Apa yang menyebabkan Anda jarang buang air besar?

Jarang atau susah buang air besar karena sembelit umumnya disebabkan oleh beberapa kebiasaan ini:

1. Kurang makan serat

Melansir laman Harvard Health Publishing, sembelit sering disebabkan karena kurang makan makanan berserat. Serat adalah zat yang dapat membantu melunakkan tekstur feses dan melancarkan geraknya di sepanjang usus sampai menuju rektum. [1]

2. Kurang minum air

Jarang disadari, kurang minum air sebetulnya juga dapat membuat Anda susah BAB.

Sistem pencernaan kita butuh pasokan air yang cukup untuk melumasi lorong usus supaya feses bisa bergerak lancar dari usus ke rektum. Asupan cairan juga dibutuhkan oleh usus untuk melunakkan tekstur feses sehingga tidak susah atau sakit ketika dikeluarkan.

Namun jika Anda terbiasa jarang minum air, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga menghambat semua proses tersebut. Organ cerna justru akan kembali menarik air yang ada di feses Anda sehingga teksturnya kering, keras, dan sulit dikeluarkan. [2]

3. Kurang olahraga

Dalam beberapa kasus, jarang berolahraga juga dapat menyebabkan sembelit. Semakin Anda jarang olahraga, otot-otot tubuh (termasuk otot pencernaan) lama-lama akan melemah sehingga tidak cukup kuat untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Otot pencernaan yang lemah tidak akan bisa optimal mendorong feses hingga sampai ke rektum. Akibatnya, feses akan semakin lama mengendap dan mengeras di usus.[2]

4. Sering menunda BAB

Kadang, padatnya kesibukan harian membuat Anda mau tidak mau harus mengabaikan rasa mulas sampai ada waktu luang. Begitu pekerjaan selesai, Anda sudah lupa akan hasrat ingin BAB dan mulasnya pun hilang.

Pada dasarnya, sensasi mulas muncul sebagai tanda Anda harus mematuhi jadwal BAB yang sudah ditentukan tubuh. Apabila Anda menunda atau tidak mengikuti rutinitas BAB ini, feses akan mengeras di usus karena tidak kunjung dikeluarkan.

Terlalu lama dan sering mendiamkan hasrat ingin BAB akhirnya mengacaukan kerja saraf yang mengatur sinyal untuk buang air besar. Anda pun jadi makin jarang buang air besar. [2]

Kapan sembelit dikatakan kronis?

Perbedaan utama antara sembelit kronis dengan sembelit biasa adalah berapa lama Anda sudah mengalami kondisi tersebut. Sembelit umumnya hanya berlangsung beberapa hari, dan bisa cepat sembuh dengan banyak minum air dan makan makanan bergizi.

Namun jika Anda sudah berminggu-minggu jarang buang air besar, atau bahkan hingga lebih dari tiga bulan susah BAB, ini bisa dikatakan sebagai sembelit kronis.

Selain jarang buang air besar dalam hitungan minggu, berikut ini adalah beberapa gejala sembelit yang harus Anda tahu. [3]

        Sakit saat buang air besar

        Sering merasa kebelet buang air besar

        Saat sudah bisa BAB, feses yang keluar keras dan sedikit

        Meskipun sudah BAB, rasanya tidak semua feses keluar

        Perut kembung

        Perut rasanya tidak nyaman

Bagaimana cara mengatasi sembelit kronis?

Selain dengan perubahan gaya hidup, makan makanan sehat, atau olahraga, mengobati sembelit kronis umumnya membutuhkan bantuan obat pencahar. Obat pencahar akan membantu Anda buang air besar lebih lancar.

Begitu Anda mulai susah BAB lebih dari tiga hari, sebaiknya minum obat pencahar yang mengandung zat bisacodyl. Bisacodyl adalah zat obat yang memicu usus bergerak lebih aktif untuk memindahkan feses di sepanjang salurannya sampai menuju anus. [4]

Baca baik-baik dulu aturan pakai dan takaran dosisnya yang ada di kemasan sebelum minum obat pencahar ini. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis sembarangan demi cepat sembuh.

Setelah minum obat pencahar, Anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. Usahakan selalu cukup minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas atau 2 liter per harinya untuk mencegah dehidrasi.[5]

Tidak lupa juga perbanyak makan makanan berserat seperti roti gandum, pasta gandum, buah segar, sayuran seperti buncis, serta biji-bijian agar BAB kembali teratur.[6]

Terakhir, kunci terhindar dari sembelit kronis adalah dengan selalu menuruti hasrat ingin BAB. Segeralah ke toilet begitu perut terasa mulas bergejolak. Hasrat ingin BAB biasanya muncul tidak lama setelah Anda makan, tapi bisa juga terasa kapan pun dan di mana pun. Jangan pernah ditunda-tunda agar tidak semakin jarang buang air besar, ya!

Referensi :

  1. Common causes constipation https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/common-causes-of-constipation Diakses pada 16 Desember 2019
  2. Habits can cause constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/habits-cause-constipation#1 Diakses pada 12 September 2019. 
  3. Constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-constipation#1Diakses pada 12 September 2019
  4. 4. Bisacodyl laxative https://www.nhs.uk/medicines/bisacodyl/ diakses pada 16 Desember 2019.
  5. Water a fluid to manage constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/water-a-fluid-way-to-manage-constipation diakses pada 16 Desember 2019
  6. Dietary fiber, solution for constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/dietary-fiber-the-natural-solution-for-constipation#1 diakses pada 16 Desember 2019.
  7. Chronic constipation https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/chronic-constipation-facts-vs-myths# Diakses pada 12 September 2019.
  8. Chronic constipation https://www.healthline.com/health/cic/what-your-gut-is-trying-to-tell-you#lifestyle-and-diet Diakses pada 12 September 2019.
  9. What does it mean to have chronic constipation https://www.healthline.com/health/cic/what-does-it-mean#1 Diakses pada 12 September 2019.
 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet