Printed From:

 

 

7 Cara Mengatasi Sembelit dengan Cepat

Jangan anggap remeh soal susah BAB, justru Anda perlu mengetahui cara mengatasi susah BAB atau sembelit. Dalam dunia media, kondisi ini dikenal juga dengan istilah konstipasi. Konstipasi bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Bahkan saat Anda bekerja, di rumah, atau berlibur sekalipun. Bila susah BAB melanda, ikuti cara mengobati konstipasi berikut ini.

Bahaya sembelit bila dibiarkan

Sembelit atau konstipasi pasti sangat mengganggu. Sembelit biasanya ditandai dengan susah BAB, frekuensi BAB yang kurang dari tiga kali dalam seminggu, perut kembung, tekstur kotoran padat dan keras, dan nafsu makan berkurang karena perut terasa "penuh".

Membiarkan sembelit terus-menerus akan membawa dampak buruk pada kesehatan Anda ke depannya. Kondisi tersebut bisa berkembang menjadi sembelit kronis dan memicu wasir.[1]

Wasir terjadi ketika pembuluh vena di sekitar anus mengalami pembengkakan. Saat sembelit, kotoran menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Akibatnya, akan muncul rasa tidak nyaman dan nyeri di sekitar anus saat proses BAB, bahkan sampai terjadi pendarahan.

Cara cepat mengatasi sembelit

Agar hal tersebut tidak mengganggu kegiatan harian, sembelit sebaiknya segera ditangani. Berikut cara cepat dan mudah untuk mengatasi sembelit.

1. Minum banyak air

Kurang minum air diketahui menjadi penyebab umum masalah konstipasi. Nah, salah satu cara mudah mengobati konstipasi adalah dengan minum banyak air. Kurang minum menyebabkan saluran cerna tidak mendapatkan air yang cukup untuk melunakkan feses.

Tubuh yang kurang cairan bisa berdampak pada kerasnya feses. Kondisi inilah yang menyebabkan susah BAB dan tekstur feses yang kering.[1]

Mengatasi sembelit dengan minum air menjadi cara darurat yang mudah dilakukan di mana pun dan kapan pun.

2. Makan makanan tinggi serat

Untuk mengatasi sembelit, tidak cukup hanya dengan banyak minum, Anda juga perlu makan makanan tinggi serat agar cara ini benar-benar ampuh.

Asupan serat dipercaya dapat merangsang pergerakan usus. Anda disarankan makan asupan serat dengan seimbang, baik serat tidak larut dalam air ataupun serat yang larut dalam air.

Serat tidak larut air ada dalam makanan, seperti roti gandum, sereal, dan pasta.[3] Serat dari sereal umumnya dapat melancarkan pencernaan dan menjadi obat pencahar alami mengatasi sembelit. Makanan dari serat yang larut dalam air dapat diperoleh dari buah dan sayuran.

3. Minum yogurt

Minum yogurt merupakan pertolongan pertama untuk Anda yang mengalami sembelit. Kandungan probiotik dalam produk olahan susu ini dapat meningkatkan pergerakan usus dan kesehatan usus.

Bakteri baik dalam yogurt juga dapat melunakkan feses dan memudahkan BAB. Cara yang tergolong mudah dan enak ini dipercaya sebagai trik mengobati konstipasi dengan cepat.[2]

4. Makan brokoli

Cara cepat lain untuk meringankan sembelit adalah makan brokoli. Brokoli mengandung sulforafan yang dapat melindungi usus dan melancarkan pencernaan. [3]

Sulforafan dapat mencegah perkembangan mikroorganisme yang mengganggu pencernaan di dalam usus. Bila Anda mengalami sembelit, cobalah untuk makan brokoli dalam menu makan harian Anda agar konstipasi dapat teratasi.

5. Minum obat pencahar

Obat pencahar, seperti Dulcolax, jadi salah satu cara tercepat untuk mengobati konstipasi. Obat pencahar ini terdiri atas tiga jenis, yakni Dulcolax Tablet, Dulcolactol (sirup), dan Dulcolax Supositoria untuk penggunaan rektal. Anda bisa menggunakan salah satunya untuk mengatasi sembelit dengan cepat.

Dulcolax mengandung bisacodyl yang mampu menstimulasi pergerakan usus besar untuk memudahkan BAB.[4] Selain itu, Anda juga bisa memilih obat dengan kandungan laktulosa, seperti Dulcolatol. Selain mampu merangsang pergerakan usus, laktulosa dalam Dulcolatol juga dapat melunakkan feses sehingga BAB menjadi lancar.[5]

6. Jangan tunda BAB

Saat Anda sembelit dan mulai merasakan panggilan untuk BAB, jangan menundanya. Cara ini bisa meringankan gejala sembelit yang Anda alami.

Jangan abaikan ketika tubuh mengirimkan sinyal untuk BAB. Menundanya justru akan membuat Anda tidak nyaman dan feses semakin keras sehingga mengalami sembelit.[6]

7. Menaikkan kaki saat BAB

Salah satu cara untuk meringankan gejala sembelit adalah dengan menaikkan kaki saat BAB.

Bila biasanya Anda BAB dengan posisi duduk, coba trik ini untuk mengatasi sembelit. Anda bisa menaikkan kaki Anda ke bangku kecil yang diletakkan di depan kloset.[7] Pastikan posisi lutut berada di atas pinggul.

Menaikkan kaki saat BAB dapat merangsang kontraksi pergerakan usus untuk memudahkan pengeluaran kotoran.[2] Tidak salah untuk mencobanya, siapa tahu cara ini justru ampuh bagi Anda untuk meringankan gejala dan membantu Anda mengatasi konstipasi.

Referensi :

  1. Thirteen home remedies for constipation. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694.php#1. Diakses 7 September 2019.
  2. Constipation Treatment: OTC, Rx, and Natural Remedies. https://www.healthline.com/health/chronic-constipation/remedies#4. Diakses 6 September 2019.
  3. Which foods are good for constipation? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382.php. Diakses 6 September 2019.
  4. Bisacodyl. https://www.nhs.uk/medicines/bisacodyl/. Diakses 7 September 2019.
  5. Lactulose Solution, Laxatives. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3367-8109/lactulose-oral/lactulose-laxative-oral/details. Diakses 7 September 2019.
  6. What is Constipation? https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-constipation#1. Diakses 7 September 2019.
  7. Costilla, V., & Foxx-Orenstein, A. (2014). Constipation in Adults: Diagnosis and Management. Current Treatment Options In Gastroenterology, 12(3), 310-321. doi: 10.1007/s11938-014-0025-8. Diakses 7 September 2019.

 

 
 

 

TIPS

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi cairan yang cukup saat bepergian, minimal 2 liter sehari dan perbanyak konsumsi makanan berserat saat bepergian agar aktivitas tidak terganggu oleh sembelit.4

Artikel_Bepergian

Dulcolax Tablet