Bagaimana pola hidup yang dapat menyebabkan sembelit?

Pola hidup atau kebiasaan yang kita miliki mempunyai dampak yang kuat pada fungsi tubuh, termasuk pada sistem pencernaan kita. Hal tersebut tidak bisa kita remehkan. Ya, terkadang, hidup kita bisa sangat sibuk. Pada masa-masa tertentu kita dapat pula mengalami stres, makan tidak teratur serta jarang olahraga. Tetapi ketika keadaanya sudah parah, tubuh kita akhirnya mengirimkan sinyal, untuk memberitahu bahwa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari mungkin perlu sedikit diubah dengan adanya kontrol untuk mengendalikan kebiasaan sehari-hari kita ke arah yang lebih baik.

Masuk ke dalam kategori

Waktu membaca

10 mins


Apa Saja Faktor Penyebab Sembelit dalam Kehidupan Sehari-hari?

Ketika Anda mneyadari bawah Anda telah mengalami gejala sembelit,  segera tidaklanjuti! Mari kita lihat bagaimana gaya hidup dapat memicu terjadinya sembelit.

Asupan serat yang tidak memadai

Nutrisi memiliki dampak langsung pada proses dan kemampuan Anda untuk mengelola rutinitas yang tepat. Cukupi asupan makan berserat dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk mencegah sembelit. Makan banyak daging berlemak tinggi, makanan siap saji (1), produk susu dan telur, atau makanan penutup yang manis dapat menyebabkan sembelit.

Stres

Stres berdampak pada tubuh kita dalam berbagai cara, termasuk memicu sembelit. Apakah Anda mengalami stres di tempat kerja, berjuang dengan deadline, atau sedang melalui masa-masa yang sulit dalam hidup, semuanya dapat berdampak besar pada sistem pencernaan Anda. Faktor-faktor seperti stres emosional dapat memperburuk rasa sakit dan memiliki pengaruh sembelit pada kebiasaan buang air besar(2).

Kurangnya aktivitas

Menggerakkan tubuh Anda sangat penting untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh, jika tidak Anda bisa saja mengalami sembelit. Terkadang memang cukup sulit untuk aktif ketika Anda mempunyai tanggung jawab untuk mengurus keluarga Anda, tenggelam dalam pekerjaan atau sedang menghadapi kondisi Anda harus di rumah saja. Terutama dalam jangka waktu tertentu karena harus berada di tempat tidur akibat sakit atau setelah operasi. Semua faktor itu dapat menyebabkan sembelit.

Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi Timbulnya Sembelit?

Gejala sembelit bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan beberapa elemen untuk berfungsi sepenuhnya. Berikut adalah dampak yang dapat terjadi pada tubuh jika pola makan atau gaya hidup yang tidak teratur:

Beberapa Tips Perubahan Pola Hidup yang Dapat Mengatasi Sembelit

Bukan rahasia lagi: untuk membantu diri Anda merasa lebih baik, langkah pertama adalah mengubah beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jangan khawatir! Anda tidak perlu mengubah kebiasaan Anda dalam satu waktu; lakukan langkah demi langkah dan lihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap beberapa perubahan yang Anda buat.

Rangkaian produk Dulcolax®

Dapatkan produk pencahar yang dipercaya untuk mengatasi susah BAB Anda, yaitu Dulcolax® tablet yang bekerja efektif dalam semalam, Dulcolactol yang bekerja nyaman, dan Dulcolax® suppositoria yang bekerja cepat. Setiap produk Dulcolax® siap untuk membantu sistem pencernaan agar Anda dapat beraktifitas kembali dengan nyaman.


Informasi Lainnya

Gejala sembelit bisa sangat mengganggu apabila terjadi secara terus menerus. Karena kami tahu betapa frustasi dan stresnya periode ini, kami dapat membantu mengidentifikasi penyebab sembelit dan cara mencegahnya.