Printed From:

Cara Mencegah Sembelit Agar Pencernaan Senantiasa Lancar

Sembelit adalah suatu kondisi yang sering kali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan proses pencernaan pada tubuh. Bagaimana tidak, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti nyeri dan perut terasa penuh. Namun, ternyata kondisi ini dapat dihindari dengan cara menerapkan gaya hidup dan kebiasaan yang sederhana. Seperti apa cara-cara mencegah terjadinya sembelit?

Cara mencegah sembelit agar tak mengganggu aktivitas

Ikuti beberapa tips dan cara untuk mencegah sembelit dengan mudah di bawah ini:

1. Minum air yang cukup

Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah sembelit adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan minum air secukupnya.

Apabila tubuh Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda lebih rentan mengalami gangguan pada saluran pencernaan, termasuk sembelit. Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan feses lebih kering dan keras, sehingga feses lebih sulit dikeluarkan.[1]

Dengan minum air yang cukup, tekstur feses akan menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu, menambah jumlah cairan dalam tubuh juga membantu Anda lebih rutin BAB.[1]

Pastikan Anda rutin minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas per hari. Selain dengan air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rajin makan sayur dan buah karena kandungan airnya yang tinggi.

2. Mengelola stres dengan baik

Emosi dan pikiran yang bermasalah ternyata dapat memengaruhi kesehatan fisik, termasuk pencernaan Anda. Ketika Anda mengalami stres, otak akan melepas hormon kortisol, adrenalin, dan serotonin.

Melonjaknya hormon-hormon tersebut, terutama serotonin, dapat menyebabkan spasme atau kejang pada otot perut.[3] Jika ini terjadi, pencernaan Anda berpotensi terganggu dan sembelit akan terjadi.

Mengelola emosi serta pikiran Anda dengan tepat adalah cara terpenting dalam mencegah terjadinya sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat mencoba meditasi atau gerakan yoga sederhana untuk meringankan stres. Tidur yang cukup juga dapat membantu Anda mengatasi stres.[3]

3. Rutin berolahraga

Kurang olahraga dan beraktivitas fisik juga dapat menjadi pemicu masalah pencernaan Anda. Pada dasarnya, proses buang air besar melibatkan pergerakan otot perut dan diafragma. Jika otot-otot tersebut melemah, risiko Anda untuk mengalami sembelit pun lebih tinggi karena usus tidak dapat membuang feses dengan baik.[2]

Selain itu, berolahraga juga dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan makanan untuk melewati usus besar. Hal tersebut dapat membatasi penyerapan kadar air dari sisa makanan ke dalam tubuh, sehingga feses yang dihasilkan pun lebih lunak.[2]

Maka dari itu, mulailah rajin berolahraga agar pencernaan Anda tidak terganggu. Anda sebaiknya menunggu satu jam setelah makan untuk melakukan aktivitas fisik apa pun. Terlalu cepat berolahraga setelah makan justru dapat meningkatkan risiko sembelit.

Berjalan selama 10-15 menit setiap harinya adalah cara efektif dalam mencegah sembelit dan memperlancar proses pencernaan.[2] Olahraga lain seperti jogging, berenang, atau zumba juga bisa Anda coba.

4. Menjalankan pola makan yang sehat

Apa yang Anda makan atau minum tentu akan berdampak pada pencernaan Anda. Oleh karena itu, menerapkan pola makan yang bergizi dan sehat adalah cara mencegah sembelit yang paling berpengaruh.[7]

Salah satu zat yang paling penting dalam mencegah risiko sembelit adalah serat. Dilansir dari Everyday Health, serat dapat membuat sisa pembuangan makanan menjadi lebih lembut dan mudah dikeluarkan.

Namun, pastikan Anda tidak secara mendadak menambah serat dalam jumlah banyak ke dalam menu harian Anda. Serat yang berlebihan justru berpotensi membuat perut kembung dan mengandung banyak gas.

Anda dapat memperbanyak asupan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu, serat juga bisa Anda dapatkan dari gandum utuh, sereal, serta oat.[4]

5. Jangan menahan BAB

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman buang air besar di luar rumah, sehingga mereka memilih untuk menahan hingga tiba di rumah. Nyatanya, kebiasaan tersebut dapat berakibat buruk pada pencernaan dan meningkatkan risiko terkena sembelit.

Apabila kotoran terlalu lama tertahan di rektum, semakin banyak air yang terserap dari kotoran ke dalam tubuh. Kondisi ini membuat BAB menjadi terasa sakit dan semakin sulit dikeluarkan.[5]

Oleh karena itu, cara mencegah terjadinya sembelit di kemudian hari adalah menghindari kebiasaan menahan dorongan BAB. Jika perut Anda sudah terasa mulas, segera ke kamar kecil untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan dalam jangka panjang, termasuk sembelit.

6. Memilih obat pencahar yang tepat

Apabila cara-cara di atas sudah Anda lakukan dan masih mengalami sembelit, Anda dapat mengantisipasi kondisi ini dengan cara memilih obat pencahar yang tepat dan mengandung zat aktif bisacodyl.[8]

Salah satu obat pencahar dengan kandungan bisacodyl adalah Dulcolax. Obat ini mengandung zat aktif bisacodyl yang dapat memperlancar BAB dengan merangsang pergerakan pada usus besar.

Setelah diminum, Dulcolax akan bekerja dalam waktu 6-12 jam. Anda akan merasakan dorongan ingin BAB dan kotoran yang menumpuk di dalam perut Anda akan keluar dengan mudah.

Referensi :

  1. The Importance of Hydration. https://www.bladderandbowel.org/news/importance-of-hydration/. Accessed September 11, 2019.
  2. Exercise to Ease Constipation. https://www.webmd.com/digestive-disorders/exercise-curing-constipation-via-movement. Accessed September 11, 2019.
  3. Is Stress Causing My Constipation? https://www.healthline.com/health/stress-constipation. Accessed September 11, 2019.
  4. Concerned About Constipation? https://www.nia.nih.gov/health/concerned-about-constipation. Accessed September 11, 2019.
  5. How Bad Is It to Hold Your Poop? https://www.verywellhealth.com/how-bad-is-it-to-hold-your-poop-4156577. Accessed September 11, 2019.
  6. How Fiber Helps Ease Constipation. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/fiber-and-constipation.aspx. Accessed September 11, 2019.
  7. Eat Healthy to Avoid Constipation. https://www.webmd.com/digestive-disorders/eat-healthy-exercise#1. Accessed September 11, 2019.
  8. Constipation: Treating Constipation. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/constipation#treating-constipation. Accessed September 11, 2019.
 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet