Printed From:

5 Gejala Sembelit yang Sebaiknya Tidak Disepelekan

Buang air besar idealnya dilakukan setiap hari sebagai tanda sistem pencernaan yang sehat dan lancar. Namun, mungkin Anda pernah atau sedang merasakan sulit buang air besar selama beberapa hari terakhir. Hati-hati, itu bisa jadi gejala sembelit. Lantas, apa saja tanda-tanda sembelit lainnya yang perlu diketahui? Cek di dalam artikel ini, ya!

Berbagai gejala sembelit yang harus diperhatikan

Sembelit adalah kondisi ketika Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.[1] Selain susah buang air besar dengan lancar, sembelit tentu juga membuat Anda tidak nyaman saat beraktivitas.

Nah, agar lebih cepat ditangani, perhatikan beberapa gejala sembelit berikut ini:

1. BAB kurang dari 3 kali seminggu

Jadwal BAB setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang bisa rutin sehari sekali, ada yang beberapa kali dalam sehari, bahkan ada yang rutin tapi tidak selalu setiap hari.

Namun normalnya, frekuensi buang air besar seharusnya bisa lebih dari 3 kali dalam seminggu, atau setidaknya Anda rutin buang air besar dalam rentang waktu 3 hari.

Dikutip dari UCSF Health, jika sudah lebih dari 3 hari tapi Anda tidak kunjung buang air besar, atau frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali seminggu, itu artinya Anda mengalami sembelit.[1], [2]

Singkatnya, Anda mungkin hanya akan buang air besar sekitar 1-2 kali dalam seminggu, atau bahkan tidak sama sekali. Tanda-tanda sembelit yang satu ini tidak terjadi sendiri. Biasanya, akan disertai dengan berbagai gejala sembelit lainnya.

2. Feses kering dan keras

Sistem pencernaan dimulai dari mulut, dan terus memanjang sampai ke rektum. Rektum merupakan bagian paling akhir dari usus besar yang berakhir pada saluran pendek menuju anus.

Dengan begitu, rektum bisa dikatakan sebagai tempat akhir di mana makanan dicerna di dalam tubuh. Hasil pencernaan dan penyerapan oleh rektum yang tidak diperlukan tubuh kemudian akan dibuang dalam bentuk feses melalui anus.

Setelah selesai dicerna, feses seharusnya memiliki tekstur yang basah sehingga mudah keluar melalui anus. Akan tetapi, jika Anda mengalami sembelit, tekstur feses yang keluar justru kering dan keras.[3]

Gejala sembelit ini terjadi karena feses tidak mengandung cukup air. Itu sebabnya, usus dan rektum cukup kesulitan untuk bergerak mendorong makanan tersebut untuk bisa sampai ke anus.

3. Sakit saat buang air besar

Feses dengan tekstur kering dan keras tentu menyulitkan proses buang air besar. Bahkan, gejala sembelit tersebut juga bisa disertai dengan rasa sakit saat Anda buang air besar.

Terang saja, ini karena tekstur feses yang kering dan keras, sulit keluar dengan lancar dan mudah melalui anus selama mengejan. Proses mengejan tersebut melibatkan kerja otot-otot panggul yang saling berusaha untuk mendorong feses keluar dari rektum dan mengarahkannya ke anus.

Oleh karena teksturnya yang keras dan sulit didorong, otomatis tubuh akan mengejan dengan cukup kuat. Alhasil, Anda bisa merasakan sakit saat buang air besar.

4. Perut terasa kembung dan penuh

Buang air besar yang normal akan membuat Anda merasa lega setelahnya. Ini karena feses yang mengendap di dalam saluran pencernaan Anda telah berhasil dikeluarkan dengan lancar.

Sebaliknya, berbeda bagi Anda yang sedang mengalami beragam tanda-tanda sembelit. Alih-alih merasa lega, perut malah terasa tetap kembung dan penuh seperti belum buang air besar.

Sensasi kembung pada perut ini merupakan salah satu gejala yang menandakan Anda mengalami sembelit.[3]

5. Seolah susah untuk menuntaskan buang air besar

Dalam sekali buang air besar, biasanya perut akan langsung terasa lega. Namun, tidak demikian jika Anda mengalami gejala sembelit.

Pengaruh dari feses yang keras dan keluhan sakit saat buang air besar, biasanya membuat Anda buru-buru ingin menyelesaikannya. Padahal sebenarnya, buang air besar Anda belum tuntas sepenuhnya.[1]

Satu dari beberapa tanda-tanda sembelit juga membuat Anda merasa seperti ada penyumbatan di dalam rektum, yang menghalangi Anda untuk buang air besar dengan lancar.

Cara tepat untuk mengatasi sembelit

Serangkaian gejala sembelit di atas tentu cukup mengganggu. Jika tidak segera diatasi dengan baik, bisa menyulitkan dan menghambat aktivitas harian Anda.

Supaya tidak bertambah parah, ada beragam cara yang bisa membantu mengatasi tanda-tanda sembelit. Misalnya dengan minum obat pencahar dan Dulcolax bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Dulcolax tersedia dalam bentuk tablet, supositoria, dan sirup (Dulcolactol) yang bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda. Dulcolax bekerja dengan cara merangsang gerak usus besar, sehingga memudahkan proses pengeluaran feses.

Sementara itu, Dulcolactol bekerja dengan cara melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan dan BAB terasa nyaman. Selain minum obat pencahar, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih dan makan makanan sumber serat.

Air putih dan serat yang cukup dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan sekaligus menghidrasi tubuh.[5] Sebisa mungkin kurangi makan makanan yang rendah serat dan berlemak tinggi untuk sementara waktu. Biasakan juga untuk tidak menunda waktu buang air besar ketika Anda merasakannya.

Semakin lama dan sering Anda menunda keinginan untuk buang air besar, akan semakin sulit pula feses dikeluarkan. Usahakan juga untuk berolahraga secara teratur.

Selain membantu melancarkan berbagai fungsi tubuh, termasuk buang air besar, olahraga teratur juga membuat tubuh lebih sehat.

Referensi :

  1. Constipation. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253 Accessed on September 5th 2019.
  2. Constipation Signs and Symptoms. https://www.ucsfhealth.org/conditions/constipation/signs_and_symptoms.html Accessed on September 5th 2019.
  3. Symptoms and Causes of Constipation. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation/symptoms-causes Accessed on September 5th 2019.
  4. What Is Constipation? https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-constipation#1 Accessed on September 5th 2019.
  5. What to Know About Constipation. https://www.medicalnewstoday.com/articles/150322.php Accessed on September 5th 2019.
  6. What You Should Know About Constipation. https://www.healthline.com/health/constipation Accessed on September 5th 2019.
  7. How Constipation Feels. https://www.healthline.com/health/what-does-constipation-feel-like#digestion-at-work Accessed on September 5th 2019.

 

 
 

 

TIPS

Selain menggunakan obat pencahar, diperlukan juga aktivitas untuk mengurangi stress. Lakukan hal-hal yang dapat mengurangi tingkat stress seperti berolahraga, meditasi, yoga, dan tentunya diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.4

Artikel_Stress

Dulcolax Tablet