Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Saat Bepergian?

Sembelit adalah respon alami dari tubuh terhadap sebuah perubahan dan hal ini merupakan kondisi umum yang seringkali terjadi saat bepergian. Sebab Anda akan mengalami perubahan pola makan, pola BAB, pola tidur, dan sebagainya. Kondisi-kondisi inilah yang menjadi penyebab utama susah BAB saat melakukan perjalanan jauh. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Masuk ke dalam kategori

Waktu membaca

10 mins


Bagaimana bepergian dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda?

Gejala sembelit yang terjadi saat bepergian tentunya akan sangat mengganggu perjalanan Anda. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan sembelit ketika sedang bepergian:

Perubahan pola makan

Perubahan waktu makan adalah salah satu penyebab sembelit. Sebab usus akan mempelajari kebiasaan baru tubuh, sehingga hal ini akan memperlambat pencernaan.

Jet lag

Penyebab jet lag adalah ketidakmampuan tubuh Anda yang memiliki jam biologisnya sendiri, untuk segera menyesuaikan diri di daerah yang memiliki zona waktu berbeda dari sebelumnya. Hal ini dapat membuat tubuh Anda terasa sangat letih hingga menyebabkan insomnia, sakit kepala, dan sembelit (1,2).

Perubahan rutinitas buang air besar

Saat bepergian, Anda mungkin memiliki sedikit kemungkinan untuk pergi ke kamar mandi untuk sementara (tidak ada toilet misalnya) atau Anda juga dapat merasa terhambat saat dikelilingi oleh orang lain.

Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi Anda untuk menahan buang air besar sehingga menyebabkan gejala sembelit (1).

Bagaimana bepergian dapat mempengaruhi tubuh dan memicu sembelit?

Gejala sembelit dapat menjadi sebuah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan serat ataupun cairan sehingga mengganggu metabolisme tubuh, khususnya sistem pencernaan. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tubuh Anda:

Tips mengatasi sembelit saat bepergian

Jika Anda ingin bepergian ke luar kota bahkan negara lain, tentunya gejala sembelit sangat mengganggu aktivitas Anda. Berikut ini adalah tips mengatasi sembelit selama bepergian.

Rangkaian produk Dulcolax®

Dapatkan produk pencahar yang dipercaya untuk mengatasi susah BAB Anda, yaitu Dulcolax® tablet yang bekerja efektif dalam semalam, Dulcolactol yang bekerja nyaman, dan Dulcolax® suppositoria yang bekerja cepat. Setiap produk Dulcolax® siap untuk membantu sistem pencernaan agar Anda dapat beraktifitas kembali dengan nyaman.


Informasi Lainnya

Gejala sembelit bisa sangat mengganggu apabila terjadi secara terus menerus. Karena kami tahu betapa frustasi dan stresnya periode ini, kami dapat membantu mengidentifikasi penyebab sembelit dan cara mencegahnya.

    1. Cornelson BM. Overcoming jet lag. Can Fam Physician. 1985 Nov;31:2105-6. PMID: 21274126; PMCID: PMC2327734.

    2. Duboc H, Coffin B, Siproudhis L. Disruption of Circadian Rhythms and Gut Motility: An Overview of Underlying Mechanisms and Associated Pathologies. J Clin Gastroenterol. 2020 May/Jun;54(5):405-414

    3. Basilisco G, Coletta M. Chronic constipation: a critical review. Dig Liver Dis. 2013 Nov;45(11):886-93.

    4. U.S. Department of Health and Human Services National Institutes of Health (NIH) – National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK). Constipation. 2018 https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation/definition-facts

    5. Mindsethealth - Anxiety and Constipation - Can Stress Cause Constipation? 2019 https://www.mindsethealth.com/matter/anxiety-and-constipation

    6. Gwee KA. Disturbed sleep and disturbed bowel functions: implications for constipation in healthy individuals. J Neurogastroenterol Motil. 2011;17(2):108-109.

    7. Mayo Clinic 2019 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253